Mengenal Jenis - Jenis kayu terbaik dari Kalimantan!

Penggunaan kayu mungkin hari sangat terkenal dan banyak masyarakat sudah menggunakannya, bahkan dari sabang sampai marauke. beberapa kayu dapat digunakan untuk furniture atau kebanyakan orang biasa menggunakanya untuk material hunian terbaiknya.

Lebih hebatnya lagi, kebanyakan kayu yang digunakan merupakan hasil dari alam indah negara kita, yaitu indonesia, Indonesia itu sendiri merupakan negara tropis yang memiliki hutan luas sebagai penghasil kayu berkualitas.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa kalimantan merupakan salah satu wilayah penghasil kayu terbaik, berbagai pohon yang berasal dari kalimantan telah diproduksi untuk dijadikan kayu yang berkualitaas dan banyak digunakan sebagai bahan mebel dan kontruksi hingga saat ini.

Apakah Anda tahu jenis kayu apa saja yang dihasilkan dari kalimantan? Jika belum kami akan memberikan sedikit info mengenai jenis kayu berkualitas dari Kalimantan

jenis - Jenis kayu Terbaik dari Kalimantan.

Dengan kualitas yang mumpuni, kayu yang berasal dari kalimantan, Menjadi pilihan pilihan yang harus masuk kedalam list Anda, untuk dijadikan sebagai bahan pengrajin maupun material perumahan. Jenis yang dimiliki tidak hanya satu jenis saja melainkan Anda bisa meilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut merupakan jenis-jenis kayu yang bisa Anda gunakan :

1. Kayu Meranti

Apakah Anda ahu apa itu kayu Meranti? kayu Meranti merupakan kayu yang berasal dari kalimantan, kayu kiranti memiliki beberapa jenis lagi seperti kayu merah, putih dan kuning adalah jeni kayu yang Meranti yang bisa Anda pilih.

Ciri utama dari kayu meranti adalah warnanya bervariasi mulai dari warna pcoklat pucat, merah jambut, merah muda dan Putih. pada bagian kayu gubalnya berwarna lebih muda bahkan cenderung bisa dikatakan berwarna Putih

kekuatan dari kayu meranti iala banyak digunakan untuk bahan pebuatan kapal, dan kayu meranti dapat tumbuh hingga 20 meter dengan warana kuning dan bagian teras lebih coklat, mungkin jenis kayu ini bisa dijadikan list Anda untuk dibuat material Interior maupun furniture

2. Kayu Ulin

selanjutnya adalah kayu ulin, siapa sih yang tidak tahu dengan kayu terbaik satu ini, Kayu ulin atau dikenal dengan Botanis Eusideroxylon zwageri yang termasuk kedalam kayu Lauraceae.

Ketika masih menjadi pohon, kayu ulin dapat tinggi mencapai 35 meter dengan diameter 100 cm. Kulit luar dari kayu ulin memiliki warna coklat kemerahan hingga coklat Tua.



dan kelebihan dari Kayu ulin ialah, kayu ini tahan terhadap berbagai cuaca bahkan ketika kayu ulin terkena air, kayu ulin akan menjadi lebih kuat dan dapat berubah warna lebih gelap dan menjadikan kayu tersebut lebih mewah dan estetik.

terkhususnya untuk rumah, Kayu ulin memiliki serat yang estetik, dan sangat direkomendasikan untuk Anda jika digunakan untuk Lantai Kayu outdoor.

3. Kayu merbau

Kayu  merbau merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan, dan kayu satu ini memiliki tingkat kepopularitasan yang hampir setara dengan kayu jati, kenapa tidak kayu merbau banyak digunakan untuk beberapa kalangan, karena memiliki harga yang cukup terjangkau.

Walau memiliki harga yang terjangkau, kayu merbau dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti Lantai kayu indoor, Outdoor, Plafon, Lambersering. Karena kayu merbau memiliki warna dan tingkat kuat dan awet yang tinggi.

Kayu Merbau memiliki warna merah kecoklatan, dengan  serat yang lurus seperti batok kelapa, Maka dari itu kayu merbau memiliki warna yang sangat unik, dan menjadikan kayu merbau memiliki harga jual yang tinggi.

4. Kayu Keriung

Kayu Keruing juga merupakan pohon yang berasal dari kalimantan, pohon keruing dapat tumbuh mencapai 50 meter dan diamater 120 cm, ciri yang khas dari kayu keruing adalah memiliki warna coklat kelabu, bagian kayu gubalnya memiliki warna kuning atau coklat semua.

Kayu jenis ini biasa digunakan sebagai material perumahan juga, biasanya jenis kayu keruing bisa digunakan untuk area outdoor dan Plafon, karena hampir sama dengan jati, kayu keruing memiliki warna yang elegant dan sangat cocok jika digunakan bahan material Hunian Rumah.

5. Kayu bengkirai

Kayu yang berasal dari kalimantan selanjutnya adalah kayu bengkirai, kayu bengkirai atau yang sering dikenal dengan sebutan yellow balau, karena kayu bengkirai memiliki warna kuning kecoklatan dengan serat yang mencabang, Kayu bengkirai juga memiliki tingkat awet dan kuat juga sama seperti Kayu keruing.



Kayu Bengkirai memiliki ketinggian bisa mencapai 50 meter dengan diamater 100cm, dan Kayu bengkirai sering digunakan untuk area outoor karena warna yang cerah membuat area outdoor lebih terang apalagi jika ditambah dengan tanaman tanaman yang menyejukkan hati

Jadi, Anda suka jenis kayu yang mana? Bengkirai? Keruing? Merbau ?Ulin atau meranti? Tapi jenis kayu tersebut memiliki tingkat awet dan keras yang sama yang membuat Anda tidak akan salah pilih jenis kayu.

Jika Anda berminat untuk menggunakan lantai kayu merbau, Anda dapat menghubungi pihak marketing kami dengan cara > KLIK DISINI < dan Anda akan langsung terhubung dengan pihak marketing kami. 

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati hunian baru dengan Kayu berkualitas dari Kalimantan.

 

 

Komentar